Explore Heart Of Borneo Wildlife

12 11 2010


Oleh : Paulina S.Hut

Explore Heart of Borneo Wildlife; paket wisata ini adalah salah satu dari beberapa paket wisata yang disiapkan Taman Nasional Betung Kerihun sebagai upaya untuk melakukan percepatan pengembangkan pariwisata alamnya (baca: ekowisatanya). Paket unggulan lainnya adalah paket Cross West to East; paket penulusuran Sungai Kapuas di Kalimantan Barat hingga Sungai Mahakam di Kalimantan Timur yang melintasi lebatnya hujan hutan tropis di pegunungan Muller. Paket wisata ini termasuk paket wisata paling diminati wisatawan.

Paket wisata lainnya yang tengah disusun adalah paket wisata Gua (kombinasi wisata gua, sejarah dan antropolologi), paket wisata arung jeram di hulu sungai kapuas yang liar dengan grade 3 hingga 5. Paket wisata yang lain adalah paket Fly Over di Heart of Borneo area (menikmati keindahan landskap dua taman nasional yaitu taman nasional betung kerihun dan taman nasional danau sentarum dari udara menggunakan pesawat trike)

Pengemasan beberapa atraksi wisata ke dalam paket wisata dimaksudkan untuk membantu wisatawan mengetahui lenght of stay-nya sehingga wisatawan dengan mudah merancang rencana tournya. Selain itu wisatawan dapat mengetahui gambaran atraksi yang akan dinikmati dan kegiatan wisata yang akan dilakukan. Paket wisata juga memudahkan wisatawan dalam melakukan tour karena sekali transaksi segala hal yang terkait kebutuhan wiatawan akan terpenuhi,walaupun terkadang ada wisatawan yang ingin merancang sendiri tour itinerinya.

Explore Heart of Borneo Wildlife; paket penjelajahan kawasan Heart of Borneo khususnya DAS Embaloh selama 6 hari 5 malam. Beberapa kegiatan wisata unggulan dalam paket ini diantaranya : pengamatan berbagai jenis burung enggang (Gading, Badak, Julang Emas), pengamataan habitat orangutan, sarangnya dan ketika kunjungan pada musim buah berpeluang besar melakukan perjumpaan langsung dengan Pongo pygmaeus pygmaeus yang masih liar. Kegiatan catch dan release (tangkap dan lepas) ikan endemik Borneo ang hanya hidup di air deras perhuluan sungai yaitu ikan Semah (Tor spp); mandi di air terjun laboh besar, fun rafting, pengamatan landskap Riam Naris dan Gua Pajau.

Tour Itinerary Explore Heart of Borneo Wildlife

Hari Pertama

Putussibau-Mataso

Penjelajahan kawasan Heart of Borneo diawali perjalanan dari Putussibau menuju Mataso. Perjalanan menuju Mataso dapat dicapai sekitar 3 jam menggunakan moda transportasi bus atau kendaraan roda empat lainnya. Daya tarik rute ini adalah keberadaan rumah-rumah adat suku Dayak yaitu Rumah Betang yang dijumpai di beberapa satuan perkampungan Dayak.  Titik tujuan di Mataso adalah Kantor Bidang Pengelolaan Taman Nasional Betung Kerihun Wilayah I. Di kantor ini, wisatawan dapat beristirahat sejenak sambil mendapatkan informasi tentang pariwisata Taman Nasional Betung Kerihun khususnya DAS Embaloh.

Gambar 1. Searah Jarum Jam : Rumah Panjang/ Betang, Longboating menuju Karangan Laboh, Air Terjun Kecil Sungai Laboh yang ditemui saat trekking di Karangan Laboh

Mataso-Karangan Laboh

Mataso menuju Karangan Laboh ditempuh sekitar 3 jam perjalanan menggunakan longboat 15 pk. Wisatawan dapat merasakan pengalaman kegiatan petualangan small risk menyusuri Sungai Embaloh dengan long boat yang dibuat Iban tribe yang akan melewati beberapa riam yang tidak terlalu besar.

Daya tarik pada trip ini adalah keindahan ekosistem riparian Sungai Embaloh, dan keunikan formasi bebatuan masiv di tepian Sungai Embaloh. Daya tarik lainnya yaitu beberapa satwa burung seperti Raja Udang, Pecuk Ular, Bangau Putih dan Elang Bondol yang sering dijumpai sepanjang perjalanan. Selain itu riam-riam kecil hingga sedang yang mulai memompa adrenalin seakan memberi tanda sebagai warming up penjelajahan di jantung borneo. Di Karangan Laboh ini wisatawan akan mendirikan tenda yang pertama untuk memulai aktivitas wisata pada keesokan harinya.

Hari Kedua

Exploring Karangan Laboh Trail

Kegiatan pada hari kedua ini, wisatawan mulai merasakan kesan wild embaloh. Pengalaman petualangan di rimba belantara jantung borneo mulai banyak di dapat. Wisatawan dapat merasakan trekking di belantara tropical rain forest yang diselingi dengan semak berduri dan gigitan pacet daun. Pengalaman lainnya adalah merasakan  petualangan menuruni bukit-bukit, menikmati bentukan alam berupa air terjun dengan formasi geologi di sekelilingnya yang unik serta melakukan white water trekking (small river cruise) dengan ekosistemnya yang khas.

Burung endemik Borneo seperti Rangkong atau Enggang serta beberapa burung berkicau dapat diamati sehingga akan menambah pengayaan pengetahuan wisatawan pada hari kedua ini. Ditambah lagi adanya kesempatan mengamati  beberapa sarang orang utan dengan berbagai tipe dan kelas yang sering dijumpai di jalur trek akan memberikan pengetahuan, pengalaman dan impresi yang long durability. Beberapa hal yang dideskripsikan tersebut merupakan daya tarik tour hari kedua ini.

Gambar 2. Searah Jarum Jam : Air Terjun Laboh Besar, Body rafting di Sungai Embaloh, Berperahu Knock-down di Derian, Enggang di Gua Pajau, Gua Pajau

Hari Ketiga

Laboh Waterfall

Kegiatan wisatawan pada hari ke-tiga relatif lebih soft dan lebih singkat waktunya dibanding hari kedua. Wisatawan masih dapat memperkaya pengetahun dengan mengexplore flora di sepanjang jalur trekking. Pengalaman menuruni tebing dengan tali sebagaimana hari kedua juga masih dapat dilakukan sebelum menuju air terjun. Wisatawan juga dapat merasakan sensasi mandi di kolam alami di bawah air terjun yang relatif aman digunakan. Bagi wisatawan yang memiliki naluri petualangan yang lebih, dapat mendaki air terjun dari sisi-sisinya hingga ke puncaknya.

Pengalaman petualangan lainnya yang akan didapat adalah susur sungai menuju muara sungai Laboh besar. Kegiatan ini akan memberikan kesan tersendiri karena wisatawan akan menyusuri sungai dengan air yang jernih, formasi bebatuan di kiri kanan sungai yang unik, ekosistem tepian sungai yang khas serta kedalaman air sungai yang bervariasi mulai dari setinggi mata kaki hingga pinggang orang dewasa. Melengkapi pengalaman petualangan hari ketiga, untuk menuju ke Camp wisatawan dapat melakukan body rafting. Hari ketiga, hari terakhir penjelajahan di kawasan hutan Karangan Laboh. Wisatawan akan ditransfer menuju Derian Camp.

Hari Keempat

Local Knowledge Day

Pagi di hari keempat, wisatawan akan diajak mendalami kearifan tradisional suku dayak. Di sepanjang trek sekitar Derian Camp, wisatawan akan diperkenalkan berbagai tumbuhan yang berfungsi sebagai obat tradisional. Pengetahuan akan jungle survival ala suku dayak juga akan diberikan. Kegiatan wisata di hari keempat ini adalah merakit perahu sederhana yang sering digunakan ketika perahu kayu yang digunakan suku dayak pecah menghantam batu. Wisatawan akan mendapatkan pengaalaman merakitnya dan mendayung perahu rakitan tersebut di sungai di depan Camp Derian yang berair jernih dan tenang. Pada hari keempat, wisatawan akan banyak memiliki freeday program.

Hari Kelima

Trekking Camp Derian-Gua Pajau-Riam Naris

Obyek yang menjadi daya tarik kegiatan hari kelima ini adalah satwa (seperti burung, primata, ikan Semah), sarang orang utan, keunikan Gua Pajau, Riam Naris dan formasi bebatuan di sekitar Riam Naris. Watching point berada di jalur belakang Camp Derian (antara hm 2-4), Gua Pajau, Riam Naris dan Muara Sungai Pajau.

Wisatawan akan mendapatkan pengalaman jungle trekking, mengamati habitat orang utan dan berbagai tipe sarangnya, mengamati burung Enggang, Pelatuk dan jenis burung lainnya. Pengamatan dan menjala atau menombak ikan endemik Borneo yaitu ikan Semah, petualangan pendakian ke Gua Pajau dan fun rafting merupakan pengayaan pengetahuan yang sensasional dan menjadi selling value dengan daya tarik kuat pada tour hari kelima ini.

Gambar 3. Ki-Ka : Riam Naris, Ikan Semah Hasil Tangkapan

 

Hari Keenam

Back to Putussibau

Tour itinerary hari terakhir merupakan perjalanan pulang dari camp Derian menuju Mataso untuk selanjutnya pulang kembali ke Putussibau. Bagi wisatawan yang memiliki minat untuk mengenal lebih jauh budaya dayak khususnya Iban dan Tamambaloh, sesampai di Mataso, masih memiliki waktu yang relatif cukup untuk berkunjung ke perkampungan kedua etnis dayak tersebut dan dapat mengamati kehidupan sehari-hari mereka.

Harga Paket Wisata

Harga paket wisata explore the heart of borneo bervariasi tergantung jumlah wisatawan yang mengambil paket ini (Lihat Tabel berikut). Harga paket tersebut sudah termasuk tiket pesawat Pontinanak-Putussibau, menginap 2 malam di hotel, makan dan minum selama tour, tiket masuk kawasan, transportasi lokal, biaya guide dan porter, donasi konservasi, sertifikat, souvenir dan asuransi kecelakaan.***

Harga Paket Wisata Explore The Heart of Borneo Wildlife

Jumlah Pengunjung Total Biaya (US $)
1 

2

3

4

5

1490 

1728

1967

2205

2443


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: