Buka Puasa Bersama Pegawai Lingkup Bidang Pengelolaan TN. Wilayah II Kedamin.

12 11 2010

Puasa adalah salah satu ritual keagamaan yang wajib di lakukan oleh pemeluk suatu keyakinan, puasa juga merupakan bukti nyata suatu ketekunan dalam menghadapi ujian atau cobaan yang dilakukan dengan cara melawan rasa haus, lapar namun juga melawan sifat-sifat kedagingan, sehingga muncul suatu rasa kemenangan bagi yang melewati atau menunaikan ibadah puasanya .
Bulan Agustus tahun 2010, merupakan salah satu momen bersejarah bagi Bangsa Indonesia, yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945 dengan lantang Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya atas penjajahan Belanda dan Jepang, dan hingga sekarang pada tanggal 17 Agustus 2010 Bangsa Kita dapat merasakan atau mengenang kemerdekaannya melalui detik-detik Proklamsi. Namun pada  bulan Agustus 2010 ini kita juga dapat merasakan momen keagamaan yaitu Ibadah Puasa bagi umat Islam sedunia bahkan di Indonesia, sehingga semarak Kemerdekaan 17 Agustus yang sering dirasakan meriah, saat ini dirasakan sederhana meriahnya, tapi tidak mengurangi makna atau arti dari kemerdekaan itu dalam kehidupan Bangsa Indonesia.
Pegawai Kantor Bidang PTN. Wilayah II saat berjumlah 39 pegawai yang terdiri dari, 20 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 19 orang Petugas Bantu Administrasi dan PAM Swakarsa yang tersebar di setiap Wilayah Kerja Bidang PTN Wilayah II.

Pada tahun-tahun sebelumnya buka puasa bersama sering dilakukan oleh Bidang PTN Wilayah II pada saat bulan Ramadhan, acara ini bertujuan untuk meningkatkan solidaritas dan membangun tali silahturahmi antar sesama pegawai Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK).  Pada tahun ini, buka bersama dilakukan di Kantor Bidang PTN Wilayah II Kedamin yang dihadiri oleh beberapa pejabat eselon III dan IV Balai Besar TNBK, dan beberapa pegawai yang tidak menjalani ibadah puasa (non muslim) yang hadir bersama dengan keluarga sehingga menambah hikmatnya acara buka puasa bersama, rangkaian acara yang dilakukan pada saat buka bersama adalah sholat berjamaah dan menikmati hidangan buka puasa.
Kegiatan seperti ini perlu menjadi suatu budaya Balai Besar TNBK yang perlu dipertahankan, guna meningkatkan  solidaritas dan ketaatan pegawai kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar tercapai maksud dan tujuan pengelolaan kawasan TNBK yang lebih baik, adil dan sejahtera. (Jim)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: