Biodiversity Action Day

12 11 2010

 

 

Dalam rangka menyambut hari keanekaragaman hayati (Biodiversity Day) dan sebagai respon aktif pencanangan tahun 2010 sebagai tahun biodiversitas, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun bekerjasama dengan Lembaga Kerjasama Teknis Pemerintah Jerman (GTZ dan DED), Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Kapuas Hulu, WWF, dan FFI, menyelenggarakan sebuah acara bertajuk “Bidodiversity Action Day” pada 7-9 Mei lalu. Acara ini mengambil tempat di di Desa Manua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu yang merupakan pemukiman dari masyarakat Dayak Iban, hingga Karangan Laboh, kawasan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK).

 

Acara dimulai pada Jumat (7/5) dimana seluruh rombongan menginap di rumah betang sadap. Sebelum menaiki rumah betang, rombongan disambut upacara adat dan tarian dari anak-anak desa setempat, dilanjutkan ramah tamah dan briefing untuk acara keesokan harinya. Pada malam itu, rombongan dihidangkan berbagai makanan tradisional khas masyarakat dayak.

Inti hari aksi dimulai pada keesokan harinya (8/5) dimana peserta yang terdiri dari siswa sekolah menengah atas di Putussibau dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok pertama adalah kelompok “biodiversity”, sementara kelompok kedua bernama “life culture”. Kelompok pertama bertugas mengeksplorasi kekayaan biodiversitas di Karangan Laboh, Taman Nasional Betung Kerihun, dan kelompok kedua bertugas mengeksplorasi kekayaan budaya masyarakat di Sadap. Selain itu juga diselenggarakan lomba mewarnai untuk siswa sekolah dasar di Kecamatan Embaloh Hulu yang diselenggarakan di Kantor Bidang Pengeolaan TN Wilayah I Matasso.

Para siswa sangat menikmati kegiatan ini, karena baru kali ini mereka belajar lebih dalam dengan menyelam langsung ke dalamnya. Mereka belajar mengidentifikasi jenis-jenis flora dan fauna yang ada di kawasan TNBK, belajar mengenai budaya dengan mencoba menenun, membuat anyaman hingga memasak dengan menggunakan bumbu-bumbu alami dari masyarakat Iban.

Hari Aksi ini diakhiri dengan sharing lesson learnt yang didapat oleh masing kelompok dalam suatu forum. Para siswa sangat antusias dalam berbagi pengalaman mereka, dan sangat tampak bahwa mereka sangat puas mengikuti kegiatan ini dan berharap agar kegiatan serupa dapat terlaksana kembali. (Ak)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: