Rapat Koordinasi Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun

11 11 2010


Mengawali tahun anggaran baru 2010, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) membuat satu gebrakan yang lain dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk lebih memantapkan koordinasi dan pelaksanaan kegiatan pada tahun 2010, diadakan Rapat Evaluasi dan Koordinasi Pengelolaan lingkup Balai Besar TNBK.

Tidak seperti biasanya, rapat kali ini sengaja dilakukan di luar kantor, tujuannya adalah agar suasana rapat lebih fresh sehingga ide-ide brilian bagi kemajuan TNBK juga akan lebih mudah muncul. Namun lebih dari itu semua, rapat koordinasi ini diharapkan dapat menjadi satu wadah komunikasi antar staf dan pimpinan untuk mencairkan suasana yang cenderung beku apabila dilakukan di lingkungan kantor.

 

 

Rapat yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 27 hingga 28 Januari tersebut diadakan di gedung pertemuan SKB (Sanggar Kegiatan Belajar) yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Kantor Balai Besar TNBK. Rakor dibuka oleh Kababes TNBK Ir. Ludvie Achmad dan dihadiri semua pejabat struktural Balai Besar TNBK, staf dan petugas bantu. Dalam sambutannya, Ludvie Achmad menandaskan bahwa Rakor ini merupakan sarana untuk mengevaluasi kegiatan tahun 2009, mempersiapkan kegiatan tahun 2010 serta awal penyusunan rencana tahun 2011. Oleh sebab itu dalam perencanaan tahun 2011 hendaknya mengacu pada program prioritas nasional dengan tema pemulihan ekonomi nasional, antara lain : Pemeliharaan kesejahteraan rakyat serta pelaksanaan sistem perlindungan sosial, Peningkatan SDM Indonesia, Reformasi birokrasi dan pemantapan demokrasi, Pemulihan ekonomi yang didukung infrastruktur dan Penanganan SDA dan perubahan iklim. Selain hal tersebut, saat ini sedang dikembangkan KPH-KPH (red : Kesatuan Pemangkuan Hutan) Konservasi sehingga kedepannya unit pengelolaan kawasan konservasi dapat membiayai operasionalnya sendiri sehingga pemerintah hanya membiayai komponen biaya tetap (red : fixed cost) nya saja. Menutup sambutannya, Kababes TNBK berpesan untuk selalu mengevaluasi diri sendiri dahulu sebelum mengevaluasi orang lain sehingga pada saat dievaluasi dari luar akan baik-baik saja.

Tampak hadir sebagai pembicara dalam rapat tersebut antara lain Ir. Ahmad Yani (Kabid Pengelolaan TN Wilayah I), Ir. Pratono Puroso (Kabid Pengelolaan TN Wilayah II), Ir. John Haskar (Kabid Teknis Konservasi) dan Ir Mufti Muamar (Kabag TU). Dalam paparannya, masing-masing pembicara menjelaskan tentang hasil kerja tahun 2009 dan kendala-kendala yang dihadapi, serta peluang-peluang untuk mencapai outcome (red : hasil) yang diharapkan sesuai dengan target tiap-tiap kegiatan. Pada sesi diskusi yang dipandu oleh F.Yhani Saktiawan (Kasi Perlindungan, Pengawetan dan Perpetaan) dan Ari Yuwono (Kasubbag Perencanaan dan Kerjasama) beberapa pertanyaan tampak dilontarkan oleh audience untuk ditanggapi oleh masing-masing pembicara . Tidak hanya dari para pejabat struktural saja, staf dan petugas bantu pun juga saling mengajukan pertanyaan dan usulan. Dari dialog ini terangkatlah beberapa permasalahan-permasalahan yang belum terungkap selama ini. Dari permasalahan-permasalahan tersebut kemudian didiskusikan untuk mendapatkan solusi yang terbaik bagi kemajuan pengelolaan Taman Nasional Betung Kerihun.

Acara rakor ini dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 16.00. Acara ditutup oleh Kabag TU mewakili Kababes dengan pembacaan kesimpulan hasil rakor antara lain evaluasi kegiatan harus rutin dilaksanakan setelah kegiatan selesai, kemudian untuk pelaksanaan anggaran 2010 harus sesegera mungkin dilaksanakan mengingat banyaknya anggaran yang dapat segera dicairkan (RM). Sedangkan untuk persiapan 2011 hendaknya dari bidang wilayah aktif memberikan usulan kegiatan dengan mengacu pada RPTN, sehingga draft pada waktu Rakor tingkat nasional merupakan draft yang final karena revisi setelah Rakornas jauh lebih susah dan memakan biaya. Pada akhir sambutannya Mufti Muamar menyampaikan harapannya acara acara semacam bisa menjadi agenda rutin tahunan Balai Besar TNBK. (Wed)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: