Pengantar Redaksi Edisi II/ September 2010

11 11 2010

Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) merupakan  salah satu target wilayah  percepatan pengembangan pariwisata dari program HoB (Heart of Borneo) yang berada di Bumi Uncak Kapuas. Berbagai ekspose potensi wisata telah digelar dalam berbagai pameran di tingkat nasional, regional (provinsi) maupun lokal (kabupaten/kota). Pada kesempatan Edisi Kedua Buletin “Betung Kerihun” Tahun 2010 mengangkat tema “ TNBK sebagai surga ekowisata bagi wisatawan”, diharapkan berbagai potensi keanekaragaman hayati dan potensi budaya dari masyarakat mampu menarik kunjungan wisatawan dan menumbuhkan kepedulian dari stakeholders terkait dalam pengembangan ekowisata berbasis masyarakat (community based ecotourism).

Pengembangan ekowisata berbasis masyarakat seperti pariwisata alam dan wisata budaya membutuhkan waktu lama dan keuletan yang luar biasa. Tidak hanya itu, ketersediaan sumberdaya manusia yang handal, kelembagaan lokal yang terorganisir dan sesuai dengan aturan main, serta memperkuat jejaring atau kerjasama dengan pihak luar juga merupakan elemen penting dalam keberhasilan pengembangan ekowisata berbasis masyarakat. Pengembangan ekowisata berbasis masyarakat memiliki peran strategis dalam mendukung pengelolaan taman nasional, seperti pengelolaan taman nasional berbasis resort, peningkatan pendapatan masyarakat sekitar kawasan, dan mengurangi tekanan terhadap kawasan dari segala bentuk gangguan seperti: perburuan liar, perladangan liar, penambangan emas tanpa ijin (PETI), dan penebangan liar.

Kami sangat berharap partisipasi aktif  dari masyarakat sekitar kawasan TNBK sebagai pelaku pariwisata alam sekaligus penerima manfaat dari berbagai kegiatan ekowisata dan pihak lain yang terlibat dalam pariwisata alam di Bumi Uncak Kapuas.  Semoga awal mula tumbuhnya kesadaran dan rasa memiliki dari masyarakat dan pihak lainnya akan menjadi kunci sukses terwujudnya pengembangan ekowisata berbasis masyarakat di daerah penyangga kawasan TNBK.

Salam Pemimpin Redaksi


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: