Pelatihan Menembak Balai Besar TNBK

11 11 2010

 

Bersamaan dengan Hari Bumi, Kamis tanggal 22 April 2010, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun bekerjasama dengan Kepolisian Resort Kapuas Hulu menyelenggarakan Pelatihan Menembak untuk Polisi Kehutanan, PPNS dan Pejabat Struktural. Pelatihan menembak mengambil lokasi di Lapangan Tembak Polsek Nanga Kalis di Nanga Kalis. Peserta pelatihan sebanyak 20 orang yang terdiri dari 8 orang Polhut, 10 pejabat struktural dan 2 staf BBTNBK.

Pelatihan dimulai pada pukul 08.30 WIB diawali dengan  pengarahan dari Instruktur  Polres Kapuas Hulu Ipda Selamet Riadi mengenai tata tertib dan himbauan keselamatan selama berlangsungnya latihan menembak,serta teknis penggunaan senpi. Jenis senjata api yang digunakan dalam pelatihan adalah senjata jenis PM1A1 dengan amunisi berkaliber 9×21 mm. Selanjutnya peserta mendapatkan arahan singkat dari Kapolres Polres Kapuas Hulu mengenai keamanan  pelaksanaan menembak yang dilanjutkan dengan senam pemanasan untuk proses pelemasan badan.

Pelatihan kali ini menggunakan 5 band atau 5 titik sasaran, 5 senpi PM1A1 dan amunisi berkaliber 9×21 mm sebanyak 369 butir, dengan rincian : (i) tembakan zero 3 btrx20 org = 60 btr, (ii) tembakan latihan 15 btrx20 org = 300 btr, instruktur 9 butir. Masing-masing peserta melakukan praktek menembak didampingi kuts dengan  jarak 25 m dan 3 posisi (duduk, jongkok, dan berdiri). Pelatihan  dilakukan dalam 4 kloter menembak yang membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. 3 peringkat terbaik dalam pelatihan tersebut sebagai berikut :

Peringkat I          : Muslimat (Polhut Pelaksana) dengan nilai 61 masuk Kelas III

Peringkat II         : Ir. John Haskar (Kabid Teknis Konservasi) dengan nilai 58 masuk Kelas III

Peringkat III        : Oscar Rudi (tenaga bantu Bidang I BBTNBK) dengan nilai 58 masuk Kelas III

Pelatihan kali ini merupakan pelatihan menembak tahap I yang akan dilanjutkan tahap II (Juni 2010) dan tahap III (Oktober 2010). Pelatihan menembak ini diharapkan mampu meningkatkan kemahiran menembak bagi petugas lapangan khususnya dalam menjaga keutuhan kawasan TNBK. (Yhan.)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: