Kunjungan Menteri Kehutanan dan Menteri Negara Lingkungan Hidup di Putussibau

11 11 2010

 

Senin, 12 April 2010, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta berkesempatan untuk berkunjung di Bumi Uncak Kapuas. Kunjungan ini dalam rangka pembinaan mitra kerja kehutanan dan lingkungan hidup serta untuk meninjau wilayah perbatasan.

Kunjungan kedua menteri ini merupakan rangkaian kunjungan yang dilakukan setelah sebelumya menteri kehutanan menjadi keynote speaker dalam acara workshop hutan desa di Pontianak dan berkunjung di Kabupaten Melawi. Kedua menteri datang bersama rombongan yang terdiri dari Gubernur Propinsi Kalimantan Barat, Cornelis, Pejabat Eselon I Departemen Kehutanan yaitu Direktur Jenderal Bina Produksi Kehutanan Hadi Daryanto, dan Direktur Jenderal Planologi Kehutanan Soetrisno.

Menteri beserta rombongan tiba di Bandara Pangsuma Putussibau pada pukul 17.00 WIB menggunakan pesawat dari Susi Air.

 

Acara kunjungan dimulai dengan ramah tamah yang dilakukan di pendopo kediaman Bupati Kapuas Hulu. Dalam kesempatan itu, Menhut, Men LH dan Gubernur Kalbar menyatakan komitmen mereka untuk membangun kehutanan dan lingkungan hidup demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dimana salah satu peluangnya adalah dengan membangun hutan desa sebagai mekanisme REDD.

dalam kesempatan tersebut, kedua menteri  juga melakukan diskusi lebih intensif dengan masyarakat perbatasan di Kabupaten Kapuas Hulu. Permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat adalah seputar perbedaan kepentingan antara masyarakat, pengusaha dengan NGO. Dalam diskusi tersebut, Menhut menyatakan bahwa para pihak adalah seharusnya saling bermitra, saling melakukan komunikasi dengan baik, dalan saling melakukan kontrol, sehingga kepentingan masing-masing pihak dapat terakomodir dalam rangka pembangunan kehutanan dan lingkungan yang berkelanjutan.

 

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, rombongan juga melakukan fly over di wilayah perbatasan negara dalam perjalanannya dari Putussibau kembali menuju Pontianak. Rombongan mengakhiri kunjungannya di Putussibau pada keesokan harinya, Selasa, 13 April 2010 pukul 10.00 bertolak dari bandara Pangsuma Putussibau. (Ak)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: